Tutorial Belajar Stellarium 0.19.1 #2 Kalkulasi Astronomi (2020)

A. Astronomical Calculation Windows


Geser kesenelah kiri dan klik astronomical calculation atau F10 dan klik possition dan ubah angkany jadi 12.00, pada tab possition menunjukan letak dari suatu objek j2000, magnitude dan informasi tambahan seperti angular size, jarak dalam au, transit dan tipenya

B. Ephimiris ( Lintasan Benda Langit)

Fungsi tool ini adalah mengkalkulasi letak benda langit, contohnya kita pilih matahari time stepnya 1 hari, dari tanggal berapa ke tanggal berapa, jangan lupa dicentang dan calculate.

C. Phenomena (Fenomena)

Tab ini digunakan untuk menghitung fenomana seperti konjungsi,berlawanan, Occultation (peristiwa yang terjadi ketika satu objek disembunyikan oleh objek lain yang lewat di antara itu dan pengamat.) dan gerhana.
Solar elongation dan lunar elongation sangat berguna jika ingin melakukan pengamatan


D. Graph Tab

graph digunakan untuk rencana observasi dan analisa perubahan antara objek atau perubahan posisi.
Altitude vs time jadi kita memilih objek (saturnus) yang akan diobservasi ketinggiannya dan waktunya, yang dicentang adalah obsevasi matahari dan bulan jadi ikut serta.
 Azimuth vs time jadi kita mencari letak objek (saturnus) yang akan diobservasi secara horizontal, diberapa derajat dia dan waktunya kapan.
Monthly Elevation jadi kita melakukan rencana observasi pada tahun ini dengan waktu yang telah diset.


Graph ini bisa menampilkan tahun sekarang dan menggambar grafik dalam satu layar kita bisa memilih dari
Magnitude vs time
Phase vs time
Distance vs time
Elongnation vs time 
Angular size vs time
Phase angle vs time
Helioncentric vs time
Transit altitude vs time
Alat ini sangat berguna bagi pembelajaran dan statistik 
Angular Distance graph melihat jarak angular antara bulan dan objek yang dipilih dalam waktu terdekat 30 hari, alat ini diperkenalkan untuk observasi bulanan.

E. Whats Up Tonight (WUT)

Wut adalah alat yang digunakan untuk menampilkan list dari object yang akan terlihat pada malam hari untuk waktu sekarang dan lokasi, pilih object berdasarkan kategori.
secara default wut akan menunjukan objek antara sunset dan tengah malam ( in the evening), antara tengah malam sampai fajar ( in the morning), around midnight, dan antara senja hingga fajar (any time of night) 

F. Planetary Calculator PC

Pc adalah alat yang digunakan untuk menampilkan hubungan antara2 objek tata surya untuk waktu dan lokasi yaitu linear dan angular distance, orbit resonances dan orbital velocities.
Graphnya PC.

Terima kasih
sampai jumpa diseri ke3

0 Response to "Tutorial Belajar Stellarium 0.19.1 #2 Kalkulasi Astronomi (2020)"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel